Wednesday, December 14, 2016

Kenangan yang Tertinggal di Pulau Laskar Pelangi, Belitung

Kenangan yang Tertinggal di Pulau Laskar Pelangi - Tentu pernah dengar frasa Laskar Pelangi, kan? Kalau belum pernah dengar, berarti masih kurang wisata buku nih ye... 😛 Laskar Pelangi adalah judul sebuah novel yang melambungkan nama Andrea Hirata pada masa itu, saya ingat sekali, sekitar tahun 2005 Andrea mengadakan meet and greet di toko buku Gramedia di Bandarlampung. Nah, yang berkesan dari novel Laskar Pelangi adalah setting yang digunakan di dalamnya, yang menurut saya, mengangkat Pulau Belitung menjadi salah satu destinasi wisata terkenal di Indonesia.Iya, Pulau Laskar Pelangi itu cuma nama lain dari Pulau Belitung. 
Kenangan yang Tertinggal di Pulau Laskar Pelangi, Belitung
Kenangan yang Tertinggal di Pulau Laskar Pelangi, Belitung
Jadi, kenapa saat itu saya bisa sampai di pulau kecil itu berawal dari mendaftarnya saya dalam tes kemampuan dasar untuk menjadi seorang pegawai negeri sipil di tahun 2012. Maklum, baru selesai kuliah, semangat untuk cari kerja sambil melalangbuana masih sangat tinggi. Kebetulan, saat itu kakak laki-laki saya bekerja di sebuah bank BUMN di pulau yang indah itu. Jadi kalaupun melalangbuana, masih punya tempat tinggal gratisan 😃

Iga Bakar
Nah, seumur-umur saya hidup, di Belitung inilah saya mencicipi yang namanya iga, bahkan setelah kembali ke kota Bandarlampung tercinta ini saya tidak lagi pernah makan iga apalagi iga bakar Bang Pasha. Seingat saya, dari beberapa tempat makan--yang kebanyakan menjual seafood di pinggir pantai--menu andalan mereka adalah iga.
Iga Bakar Warung Bang Pasha - Tanjungpandan
Iga Bakar Warung Bang Pasha - Tanjungpandan
Yang paling seru adalah kenyataan Warung Bang Pasha ini letaknya di pinggiran Pantai Tanjung Pendam, Tanjungpandan, Belitung. Jadi, perut lapar, tersedia makanan enak, dan suasana sejuk angin sepoi-sepoi, cocok deh pokoknya untuk tempat makan siang favorit!


Soto Daun Simpur
Buat pecinta soto, Kamu harus coba deh soto asli Pulau Belitung ini. Selain bentuknya yang beda banget dari kebanyakan soto di pulau Jawa atau Lampung, soto yang satu ini dibungkus dengan cara yang unik.
Soto Daun Simpur
Soto Daun Simpur

Otak-otak
Kalau yang ini saya jamin Kamu sudah kenal. Iya, otak-otak. Olahan ikan ini disandingkan dengan kuah yang mirip seperti kuah asinan.
Otak-otak Ikan
Otak-otak Ikan

Mie Atep
Jangan ngaku sudah ke Belitung kalau belum coba mie satu ini. Namanya mie Atep. Mirip dengan rujak tahu tapi dengan citarasa yang beda banget.

Sudah banyak artis dan orang terkenal yang mampir ke warung mie Atep ini lho. Kalau Kamu sedang berada di sana, mampir ke Jl. Sriwijaya No. 27 Tanjung Pandan, Parit, Tj. Pandan, Belitung ya.

Rumah Makan Timpo Duluk
Masih di Tanjungpandan, Belitung. Rumah makan ini mengusung konsep yang unik. Saat masuk ke dalamnya, Kamu akan merasa kalau kamu berada di puluhan tahun silam.
RM Timpo Duluk
RM Timpo Duluk
Tanjung Kelayang
Banyak sekali pantai yang bisa dikunjungi di Pulau Laskar Pelangi, misalnya Pantai Tanjung Tinggi, Pulau Lengkuas, Pantai Nyiur Melambai, Pantai Tanjung Kelayang, Pantai Punai, dan masih banyak lagi. Semuanya indah, asal Kamu perginya bukan saat musim hujan ya, seperti yang saya alami 😥 suram.
Pantai Tanjung Kelayang di Musim Hujan
Pantai Tanjung Kelayang di Musim Hujan

Kenangan yang Tertinggal di Pulau Laskar Pelangi, Belitung. Mudah-mudahan suatu saat bisa jalan-jalan ke daerah lain di Indonesia yang belum pernah dikunjungi.

2 comments:

  1. Kalo maen ke daerah-daerah gitu emang paling asik wisata kuliner. kadang-kadang banyak makanan yang unik yang belum pernah kita makan.hehe
    Keren Mbak pengalaman jalan-jalan ke Belitong nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, Bang Wawan.. Sayangnya nggak bisa ke tempat2 kerennya. Saya lihat blog Abang jadi ingin bisa travelling kemana2 juga. Heheheh.

      Delete

Komentar yang baik adalah komentar yang menggunakan bahasa yang baik pula :)