Tuesday, December 12, 2017

Workshop Online dan Offline Ajak Blogger Promosikan Potensi Daerah

Workshop Online dan Offline Ajak Blogger Promosikan Potensi Daerah - Pemerintah Propinsi Lampung benar-benar sedang menggelar perhelatan akbar di akhir tahun 2017 ini. Banyak sekali rangkaian acara yang diselenggarakan demi tercapainya Lampung yang lebih maju di tahun-tahun yang akan datang. Nah, salah satu kegiatan yang dapat saya ikuti adalah Workshop Promosi Potensi Daerah (Online dan Offline). Kegiatan ini dilaksanakan pada 6 Desember 2017, di Hotel Novotel Bandarlampung.
 
Workshop Online dan Offline Ajak Blogger Promosikan Potensi Daerah
Workshop Online dan Offline Ajak Blogger Promosikan Potensi Daerah

Kesan pertama pada acara ini adalah takjub, terlebih karena ini kali pertama saya mampir di Hotel Novotel yang ternyata dari parkiran hingga ke ruang lobi saja butuh naik lift eskalator berlantai-lantai. Lalu, pemandangan Novotel yang langit kala itu dipenuhi mega merah bercampur dengan awan abu-abu sangat memesona. Apalagi makan malamnya, enak-enak ☺ Fabi ayyi ala irobbikumaa tukkadzibaan?

Workshop Promosi Potensi Daerah

Pada kegiatan Workshop Promosi Potensi Daerah ini, pemprov Lampung mengundang tiga pemateri yang ahli di bidang bisnis, kepenulisan, dan blogger lokal. Adalah Bang Oyos Saroso HN—seorang jurnalis dan editor kawakan dari tahun 90-an—dan Zaky Senafal—pelaku  bisnis di Lampung—serta Ibu Naqiyyah Syam, founder Tapis Blogger.

Kegiatan yang dimoderatori oleh Mr. Ali, admin dari @infolampung ini memberikan banyak pengetahuan tentang bagaimana pengaruh kemajuan teknologi yang diimbangi dengan kemampuan menulis, dapat membantu daerah, khususnya Lampung, untuk dapat bersaing dengan daerah-daerah lain dalam segala bidang, baik pariwisata, kuliner, ataupun budaya.

Misalnya, Bang Oyos menjelaskan bahwa dengan kemampuan menulis feature—jenis tulisan yang akan abadi dan dapat terus dinikmati pada mungkin lima atau sepuluh tahun ke depan—tentang banyaknya potensi-potensi tulisan yang ada di Lampung, akan membuat propinsi Lampung lebih dikenal oleh daerah-daerah lain.

Tentu saja, menurutnya, tulisan-tulisan tersebut dapat dibuat dengan adanya data yang mendukung. Faktanya, jurnalisme data saat ini semakin berkembang. Data yang mendukung ini, dapat diambil dari data-data publik. Jika sebuah instansi pemerintahan di daerah Lampung memiliki data publik tentang programnya—misalnya mengembangkan sebuah UKM yang ada di daerah pesisir—lengkap dari penganggaran hingga laporan pelaksanaannya, maka data publik tersebut jika dikaitkan dengan banyak hal dalam aspek kehidupan, dapat diolah menjadi sebuah tulisan feature yang akan abadi dan dibaca oleh masyarakat luas. Sayangnya, saat ini masih banyak lembaga publik yang pelit data.

Zaki Senafal, seorang pelaku bisnis yang memanfaatkan media sosial dan kemajuan teknologi untuk bidang pemasaran mengungkapkan bahwa penggunaan media sosial di Lampung sudah sangat massive, cukup dengan update foto dan deskripsi, UKM-UKM yang ada di Lampung bisa menarik banyak peminat. “Sekarang eranya media online, banyak usaha yang bekerja di bidang offline beralih ke online sebagai target pemasarannya karena selain mudah, promosi melalui media online juga murah.”

Mendukung hal tersebut Ibu Naqiyyah juga mengajak para peserta, baik dari kalangan blogger ataupun mahasiswa yang hadir pada kegiatan Workshop Promosi Potensi Daerah malam itu, untuk dapat mulai mengenalkan Lampung dan segala hal di dalamnya, baik tentang kuliner, budaya, peristiwa, tempat wisata, dan usaha dengan menuliskannya dalam sebuah blog. Selain sebagai media promosi, blog juga dapat bersifat abadi.

Tapis Zaman Now - kesumariyanti
Tapis Zaman Now - kesumariyanti
Nah, sebagai generasi penerus bangsa, mumpung masih muda nih, yuk mulai menulis! Apa saja. Bahkan jika kamu hanya menulis hal yang kamu pikir tidak penting, misalnya makan mi ayam yang bahan bakunya sayuran yang menyehatkan di Gunung Terang, atau menulis keluhan tentang mengapa aliran limbah rumah sakit yang baru dibangun di daerah berhenti di belakang rumahmu, atau jika hanya menuliskan bahwa hari ini kamu hampir terlambat masuk kelas karena daerah Way Halim hingga ke Rajabasa macet parah di pagi hari. Kamu tidak akan tahu jika bisa saja tulisanmu itu kelak akan membawa perubahan yang lebih baik bagi Provinsi Lampung tercinta ini. Semangat!! ☺

4 comments:

  1. Mantap Bu Kei, mari kita bersinergi mengenalkan potensi Lampung lewat blog

    ReplyDelete
  2. duh jadi pengen Mi Ayam Buah Naga di Gunter. #edisisalahfokus

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pas di Gunter, mampir ya Mba Novi :D

      Delete

Komentar yang baik adalah komentar yang menggunakan bahasa yang baik pula :)