Thursday, December 21, 2017

Seminar Parenting di Acara Mother's Day Gathering Wardah #UntukIbu

Seminar Parenting di Acara Mother's Day Gathering Wardah #UntukIbu - Jadi memang ceritanya saya belum jadi ibu-ibu ya--dan saya harap disegerakan menjadi seorang ibu oleh Allah, aamiin--tapi hari ini saya turut diundang di acara  Mother's Day Gathering bersama Wardah di Whiz Prime Hotel Bandarlampung. Acara ini dipersembahkan oleh Wardah dalam rangka memperingati hari ibu nasional yang di Indonesia, diperingati setiap tanggal 22 Desember (besok).

Seminar Parenting di Acara Mother's Day Gathering Wardah #UntukIbu
Seminar Parenting di Acara Mother's Day Gathering Wardah #UntukIbu

Sampai di Whiz Prime Hotel, saya bertemu dengan para ibu yang datang dari latar belakang yang berbeda-beda. Ada yang pengusaha, dosen, ibu rumah tangga, bahkan ada juga yang sama seperti saya, seorang guru. Karena ini adalah acara yang diadakan oleh Wardah, saya tidak heran jika para ibu yang datang cantik-catik semua, mereka berpakaian rapi dan berdandan. Dan saya akui, ada saat di mana saya merasa agak iri dengan mereka yang bisa berdandan. Hehehe.

Acara dibuka oleh Mba Putri Kharisma, Business Development Manager Wardah untuk Cabang Lampung, dengan sambutan singkat tentang momen hari Ibu. Selain itu kami juga disuguhi video kreatif tentang kebermaknaan cantik versi Wardah yang menurut saya--sebagai seorang anak perempuan dari seorang ibu—video tersebut sangat menyentuh hati. Saya bahkan melihat beberapa peserta lain yang berkaca-kaca menonton video tersebut. Jadi kangen ibuk.

Setelah video yang mengharukan itu, acara dilanjutkan dengan Seminar Parenting. Jadi memang, karena tujuan utama diadakannya acara Mother’s Day Gathering ini adalah untuk memberikan rasa terima kasih kepada para ibu, Wardah mengapresiasi para peserta dengan cara memberikan pengetahuan mengenai parenting dan kecantikan. “Acara ini lebih kepada bentuk terima kasih Wardah untuk para ibu dan wanita yang menginspirasi,” jelas Yuka Eletra, Asistant BDM Wardah Cabang Lampung. Selain cantik dari luar, seorang ibu kan harus cantik dari dalam juga ya ☺ Tapi untuk postingan kali ini saya hanya akan menuliskan tentang seminar parenting-nya, dan kegiatan beauty class-nya akan saya tuliskan di postingan yang berbeda.
 
Ibu Citra dan Moderator Parenting Mother's Day Gathering Wardah - kesumariyanti
Ibu Citra dan Moderator Parenting Mother's Day Gathering Wardah - kesumariyanti

Persiapan dan Perencanaan yang Optimal

Bu Citra Abriani Maharani, narasumber pada seminar parenting, mengajak kami peserta Mother’s Day Gathering Wardah untuk memahami bahwa pendidikan seorang anak harus dipersiapkan sejak dini dan direncanakan sebaik mungkin. Kemudian dalam praktiknya, pendidikan seorang anak tidak bisa diserahkan pada satu pihak saja—ibu saja atau ayah saja—melainkan harus dilakukan secara bersama-sama, keduanya saling bekerja sama agar komitmen rencana pendidikan anak yang telah dipersiapkan dan direncanakan dengan optimal dapat tercapai.
 

Komunikasi Parenting yang Jelas dan Tepat

Dalam pemaparannya, Bu Citra juga kembali mengingatkan bahwa komunikasi parenting dibutuhkan untuk menyampaikan pesan kepada anggota keluarga (suami dan anak). Agar tercipta komunikasi yang efektif, maka pesan-pesan ini harus disampaikan dengan jelas dan pada waktu yang tepat.

Khusus untuk berkomunikasi dengan anak, maka upayakan untuk berbicara dengan kalimat-kalimat konkret sambil bertatap muka. Dengan cara seperti itu, pesan yang ingin disampaikan akan lebih mudah diterima oleh anak. Misalnya, menjelaskan sebab dan akibat atas sebuah larangan meskipun si anak tidak akan paham. Penjelasan yang diberikan secara konkret akan menstimulus perkembangan nalar anak, dan kontak mata yang dilakukan kepada anak akan menumbuhkan kepercayaan dan kepatuhan dalam diri anak.

Pendidikan Karakter Dimulai dari Usia Anak 0 Bulan

Dalam pendidikan karakter, ada tiga hal yang harus diperhatikan oleh orangtua, yaitu fase oral, fase anal, dan fase genital. Jika ketiga fase ini dapat dilalui dengan baik, tanpa masalah, dan tanpa gangguan, maka karakter yang tercipta pada anak akan sangat baik. Misalnya, pada fase oral yang dimulai dari usia 0 bulan hingga usia dua tahun, terjadi saat sang ibu menyusui anaknya. Alangkah lebih baik jika saat menyusui, sang ibu mengajak bicara anaknya dengan cara yang baik dengan kata-kata yang baik pula. Kerja alam bawah sadar anak akan membentuknya menjadi anak dengan kepribadian yang penuh kasih.

Saya dan Para Ibu dalam Seminar Parenting Mother's Day Gathering Wardah - kesumariyanti
Saya dan Para Ibu dalam Seminar Parenting Mother's Day Gathering Wardah - kesumariyanti
 
Nah, dengan info-info berharga ini nih, sebagai orang tua (atau calon orangtua) kita bisa mulai merencanakan metode apa yang seharusnya kita gunakan untuk menjaga perkembangan karakter anak sejak dini. Dan kalau acaranya seasik dan seberharga acara hari ini, harusnya saya yang harus berterima kasih ke Wardah karena sudah menyelenggarakannya. Semoga di masa yang akan datang, akan semakin banyak kesempatan bagi lebih banyak orang (para orangtua) untuk bisa mengikuti acara parenting seperti acara dari hari ini. Wardah, inspiring me. | kei

6 comments:

  1. Waah... acara, narsum dan pesertanya pasti keren2. Terutama ilmunya. Terimakasih sudah berkenan berbagi, ibu guru yang selalu cantik walau tanpa dandan... ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ilmunya Bu insya Allah bermanfaat :) Terima kasih Ibu Fifi sudah mampir :)

      Delete
  2. saya senang sekarang seminar tentang parenting banyak di adakan di berbagai kota, kalau seminar-seminar gini biasanya saya jadi diingatkan kembali hehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mba, seminar parenting semacam ini perlu sekali buat calong orang tua :)

      Delete
  3. Tetap semangat untuk para ibu-ibu, jadilah ibu terbaik...

    ReplyDelete

Komentar yang baik adalah komentar yang menggunakan bahasa yang baik pula :)