Saturday, July 2, 2016

Waspadai Anyang-anyangan Sebagai Tanda Infeksi Saluran Kemih

Waspadai Anyang-anyangan Sebagai Tanda Infeksi Saluran Kemih - Sebagai guru Bahasa Indonesia, saya pernah terusik dengan pertanyaan seorang murid saya. Ia bertanya dengan wajah jahilnya, karena mungkin tahu saya tidak mengetahui jawabannya, "Bu, bahasa Indonesia-nya anyang-anyangan, apa ya, Bu?"

Anyang-anyangan! Oh, tidak! Adakah dari kalian, mengetahui jawaban tersebut?
Saya rasa tidak.
Apakah ada dari kalian yang pernah mengalaminya?
Saya rasa jawaban kalian, 'IYA'.
 Anyang-anyangan adalah sebuah gejala dimana kamu merasa ingin buang air kecil dan terus-menerus terjadi, sementara saat buang air kecil, sedikit sekali urin yang keluar. Ya, mungkin kita semua pernah mengalami gejala tersebut, dan menyebutnya dengan 'anyang-anyangan'. 
Waspadai Anyang-anyangan Sebagai Tanda Infeksi Saluran Kemih
Waspadai Anyang-anyangan Sebagai Tanda Infeksi Saluran Kemih
Apa yang kamu lakukan saat mengalami gejala ini? Hayo ngaku, beberapa dari kalian pasti pernah mengikat jempol kaki dengan satu helai ijuk, kan? Saat saya kecil, mitos itu beredar luas. Bahkan dan mungkin karena tersugesti dan mempercayai mitos itu, ternyata gelaja anyang-anyangan akan seketika berhenti setelah mengikat sehelai ijuk di jempol kakimu. Atau ada yang juga berusaha menghilangkan anyang-anyangan seperti versi saya, minum air putih sebanyak-banyaknya, bahkan sampai kembung, dan anyang-anyangan tak juga kunjung hilang?

Anyang-anyangan sendiri diakibatkan oleh banyak hal, antara lain kuman, alergi, kurang menjaga kebersihan, gangguang alat kelamin, dehidrasi, dan lain-lain. Atau ada yang pernah mengalami anyang-anyangan akibat meminum segalas air berisi campuran air panas dan air dingin? Hihihi.

Di dalam dunia kedokteran, tidak ada istilah yang adisebut dengan 'anyang-anyangan', gejala serupa yang sering kita sebut dengan anyang-anyangan ini di dalam dunia kesehatan disebut dengan infeksi saluran kemih. Infeksi? Hiii... menyeramkan!

Ya, anyang-anyangan adalah salah satu gejala infeksi saluran kemih atau yang disebut UTI (Urinary Trict Infection). Menurut beberapa teman yang praktikan kesehatan, gejala ini harus ditangani dengan tepat. Berbahaya jika keinginan untuk buang air kecil terus ada, sementara tidak ada urin yang keluar, dan merasakan sakit buang air kecil. Hal ini bisa mengakibatkan pecahnya kandung kemih.

Tahukah kamu, bahwa kamu bisa saja menyembuhkan anyang-anyanganmu hanya dengan mengonsumsi jus buah cranberry? Salah satu buah yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Amerika dan hanya dipanen pada bulan September dan Oktober ini kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh (sumber: wikipedia.org), salah satunya adalah menghilangkan anyang-anyangan sebagai gejala infeksi saluran kemih.

Lebih dari itu, ternyata jus buah cranberry juga memiliki banyak manfaat lainnya. Mau tahu apa saja? Berikut ini saya berikan beberapa manfaat buah cranberry yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita.

1. Mencegah urinary tract infection atau infeksi pada kandung kemih.
Seperti yang telah saya tuliskan sebelumnya, bahwa jus buah cranberry bisa menghentikan anyang-anyangan dan meminimalisir anyang-anyangan berulang. Hal ini terjadi karena kandungan Proanthocyanidins (senyawa yang menghasilkan warna biru atau merah pada buah) yang terkandung di dalam buah cranberry bermanfaat sebagai antioksidan untuk mencegah terikatnya bakteri-bakteri pada sel yang ada di dinding saluran dan kandung kemih dan membawanya keluar tubuh.

Untuk kamu ketahui, anyang-anyangan adalah salah satu gejala yang bisa mengakibatkan terjadinya infeksi saluran dan kandung kemih. Jadi, dengan mengonsumsi jus cranberry dengan teratur, kamu bisa menghindari berulangnya anyang-anyangan dan sekaligus menghindari terjadinya infeksi saluran dan kandung kemih.

2. Melawan kangker payudara dan osteoporosis.
Ternyata senyawa yang terkandung di dalam buah cranberry ini juga berperan aktif dalam membantu tubuh melawan persebaran sel-sel kangker payudara, lho! Jadi, jus cranberry sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh wanita yang berusia lebih dari dua puluh tahun.

Selain itu, kandungan kalsium alami dalam buah ini juga sangat tinggi. Kalsium alami dalam buah ini dapat membantu tubuh kita untuk melawan terjadinya osteoporosis yang banyak menyerang manusia di usia-usia produktif. Tentu kamu tidak ingin masa-masa keemasanmu untuk menghasilkan karya terganggu karena dua penyakit, ini, kan?

3. Membantu menjaga janin.
Satu lagi kandungan super kaya manfaat yang terdapat dalam buah ini adalah vitamin C-nya yang tinggi. selain untuk menjaga ketahanan tubuh, vitamin C ini juga bermanfaat untuk menjaga janin dan mencegah kelahiran prematur. Oleh sebab itu, bagi ibu hamil, sebaiknya mengonsumsi vitamin C dari jus buah cranberry.

Nah, buat kamu yang pernah atau bahkan sering mengalami anyang-anyangan, kamu harus tahu saat ini sudah tersedia jus buah cranberry yang praktis, yakni Prive Uri-cran dari Combiphar, pertama dan satu-satunya ekstrak buah cranberry yang dibuat khusus untuk menghentikan anyang-anyangan. Selain untuk menghentikan anyang-anyangan, ekstrak buah cranberry ini memiliki manfaat yang sama seperti jus buahnya, oleh sebab itu, Prive Uri-cran juga memiliki manfaat yang sama seperti yang telah saya jelaskan di atas.

Prive Uri-cran
Prive Uri-cran
Jadi, kamu tidak perlu mengikat jempol kakimu dengan sehelai ijuk atau karet lagi untuk menghilangkan anyang-anyanganmu! Selamat mencoba!

2 comments:

  1. Ya kali iket jempol pakai sapu ijuk bisa berenti... hahaha.. mitos dodol yang banyak followernya LOL

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi memang mitos itu menyebar luas saat saya masih kecil, Bro :D

      Delete

Komentar yang baik adalah komentar yang menggunakan bahasa yang baik pula :)