Wednesday, August 17, 2016

Berkendara dengan Sehat dan Nyaman, Idaman Pengguna Jalan

Berkendara dengan Sehat dan Nyaman, Idaman Pengguna Jalan - Merdeka! Merdeka! Merdeka! Hari ini perayaan kemerdekaan ke-71 RI, Kawan! Akhirnya, sejak terakhir kali saya menulis entri pada blog ini, saya bisa kembali menuliskan entri baru yang mudah-mudahan bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Kali ini, entri yang akan saya tulis adalah pengalaman pribadi dengan tema berkendara dengan sehat dan nyaman.
Berkendara dengan Sehat dan Nyaman, Idaman Pengguna Jalan
Berkendara dengan Sehat dan Nyaman, Idaman Pengguna Jalan
Setiap hari, saya diantar suami untuk bisa sampai ke sekolah tempat saya mengajar. Saya diantarkan dengan kendaraan bermotor roda dua setiap pukul 6.30 WIB. Pada jam-jam seperti itu, keadaan jalanan dari rumah saya yang berada di pinggiran kota, masih agak sepi dan udara masih segar, tapi tidak ketika saya sampai di jalan lintas yang jaraknya setengah perjalanan dari rumah ke sekolah atau perjalanan pulang dari sekolah ke rumah pada pukul 17.00 WIB yang kadang terjadi macet.

Sayangnya, satu-satunya jalan yang harus saya tempuh untuk sampai di sekolah adalah jalan lintas tersebut. Selain banyaknya kendaraan bermotor seperti motor dan mobil, ada kalanya, bus komersil, bus-bus antar-jemput karyawan perusahaan-perusahaan besar, dan truk-truk pengangkut barang melalui jalan yang sama dengan jalan yang saya lalui setiap harinya. Dan saya sering kesal karena kebanyakan dari kendaraan bermotor ukuran besar itu adalah pengguna bahan bakar solar.

Seperti yang kita semua ketahui, kendaraan yang menggunakan solar, memiliki asap pembuangan yang lebih banyak dan lebih menyesakkan dada dibanding jenis bahan bakar lainnya. Kalau bahan bakar lainnya saja sudah cukup membuat polusi meski tak terlihat, asap kendaraan yang menggunakan solar mengeluarkan asap pekat berwarna gelap, yang tentu saja, semakin membuat saya merasa tidak nyaman saat kebetulan ada di belakangnya. Sementara—saya yakin—berkendara dengan sehat dan nyaman adalah harapan semua orang pengguna jalan raya.

Untuk mendapatkan perjalanan yang sehat dan nyaman di jalan raya dengan kendaraan bermotor roda dua, tentu saja saya harus mempersiapkan banyak hal, misalnya saja saya harus menggunakan masker untuk mengurangi masuknya polusi ke hidung dan atau jaket untuk mengurangi menempelnya bau hasil pembakaran pada seragam kerja saya.

Tapi saya pikir-pikir, rasanya kurang adil bila hanya pengguna kendaraan bermotor roda dua saja yang harus peduli dengan kesehatan diri sendiri, sementara kendaraan-kendaraan besar bisa dengan bebas memacu gas tanpa peduli bahwa hasil pembakaran mereka seringnya mengganggu pengguna jalan yang lain. Seharusnya, pengguna jalan raya saling memedulikan kenyamanan dan kesehatan pengguna jalan raya lainnya.
Kalau saya sebagai pengguna kendaraan bermotor roda dua berusaha menjaga kesehatan dan kenyamanan saat berkendara, paling tidak, mereka yang bermotor dengan fisik lebih besar seperti truk, bus, dan mobil lainnya juga mempertimbangkan penggunaan alat-alat atau mesin yang bisa meminimaslisir bahaya hasil pembakaran bahan bakar mereka. Seperti penggunaan filter pada mesin-mesin mereka.

Salah satu penyedia filter untuk kendaraan adalah Filter Sakura yang diproduksi oleh ADR Group of Companies. Grup perusahaan ini telah memberi solusi untuk berbagai jenis dan ukuran aplikasi yang mencakup sektor otomotif, komersial, alat berat, industri, bahkan armada laut. Sakura filter juga memiliki jumlah tipe produk buatan Amerika, Asia, dan Eropa, serta telah lulus pengujian berdasarkan ISO/IEC 17025:2005 oleh Standar Laboratorium yang sudah terakreditasi 
Sakura Filter
Jadi, bagi perusahaan-perusahaan transportasi, tidak perlu khawatir dan bisa mulai memperhitungkan penggunaan filter pada trasnportasi mereka untuk mewujudkan kondisi berkendara yang sehat dan nyaman. Karena tanggung jawab menciptakan berkendara yang sehat dan nyaman adalah tugas semua pengguna jalan.

Saya harap, dengan diperkenalkannya produk-produk Sakura Filter di blog ini, semakin bertambah wawasan pembaca mengenai produk filter untuk mesin kendaran. Dengan demikian, angan-angan tentang berkendara dengan sehat dan nyaman bisa segera terwujud.

Artikel ini ditulis untuk mengikuti Blog Competition dengan Tema Berkendara dengan Sehat dan Nyaman yang diadakan oleh BlogDetik dan SakuraFilter.

Referensi: www.sakurafilter.com

4 comments:

  1. Wah, bener banget nih, penggunaan filter bagus seperti Filter Sakura sepertinya bisa menjadi pilihan utama untuk kendaraan.

    ReplyDelete
  2. Informasinya menarik, kebetulan juga saya mulai berpikir untuk mengganti filter mobil saya. Sepertinya sakura filter bisa jadi pilihan terbaik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, sadar akan kesehatan lingkungan ya Pak :) terima kasih sudah berkunjung ^^

      Delete

Komentar yang baik adalah komentar yang menggunakan bahasa yang baik pula :)