Sunday, April 16, 2017

Tapis Blogger Adakan Pelatihan di Gramedia Tanjung Karang

Tapis Blogger Adakan Pelatihan di Gramedia Tanjung Karang - Ada yang familiar dengan kata tapis? Untuk orang-orang asli dan atau orang yang pernah tinggal di Lampung, saya yakin paham betul dengan kata itu. Tapis adalah bentuk sulaman dengan benang emas yang memiliki motif unik khas daerah Lampung. Biasanya digunakan sebagai aksesori wanita dalam bentuk kain, pakaian, selempang, atau dompet.

Tapis Blogger Adakan Pelatihan di Gramedia Tanjung Karang
Nah, bicara mengenai tapis, di Lampung ada sebuah komunitas blogger yang disebut Tapis Blogger. Digawangi oleh Ibu Naqiyyah Syam, Ibu Fitri Restiana, dan Ibu Izzah Anisa, Tapis Blogger awalnya dibentuk sebagai wadah untuk blogger perempuan yang berdomisili di Lampung, tetapi, kemudian berkembang lebih umum dan menerima laki-laki sebagai anggotanya. 

Hari ini, bertempat di Gramedia Tanjungkarang, Tapis Blogger menggelar acara pertama yang dibuka untuk peserta umum, yakni Pelatihan Menulis Artikel dengan pembicara adalah Adian Saputra, anggota Tapis Blogger yang juga pemimpin redaksi sebuah situs berita online Jejamo.Com yang berbasis di Lampung.
Sambutan Pembuka oleh Founder Tapis Blogger, Naqiyyah Syam
Sambutan Pembuka oleh Founder Tapis Blogger, Naqiyyah Syam


Jauh sebelum saya bertemu Bang Adian di Tapis Blogger, saya sudah pernah bertemu dengan beliau saat saya masih duduk di kelas XI (2 SMA). Kala itu, saya mencoba ikut ekstrakurikuler tabloid sekolah. Tahun itu adalah tahun pertama ekstrakurikuler tabloid sekolah diadakan, di SMA Negeri 5, tepatnya tahun 2007. Bang Adian yang saat itu adalah redaktur bahasa di media cetak Lampung Post didapuk sebagai pembimbing di tabloid sekolah yang diberi nama Persisma, Pers Siswa SMAN 5. Jadi, bisa dikatakan bahwa kemampuan dan pengetahuan jurnalistik saya pertama kali dipahamkan oleh Bang Adian, selama mengikuti ekstrakurikuler Persisma. Hehehe, tidak menyangka bahwa sepuluh tahun kemudian kami bisa bertemu lagi dalam sebuah komunitas yang sama.

Banyak sekali tambahan ilmu dan pengetahuan yang saya dapatkan dalam acara hari ini. Setidaknya, dorongan untuk menulis blog kembali hadir πŸ˜†Secara singkat, berikut ini saya tuliskan beberapa poin yang saya dapatkan dari kegiatan Pelatihan Menulis Artikel bersama Tapis Blogger.

πŸ”– Sebaik-baiknya sebuah tulisan adalah yang selesai ditulis
πŸ”– Menyegerakan menulis saat memiliki ide, tapi jika ide terus menerus datang, maka bisa mencatatnya terlebih dahulu dan fokus untuk menyelesaikan ide pertama
πŸ”– Tulisan terbaik kita adalah tulisan terakhir, artinya, semakin banyak kita menulis, maka akan semakin baik pula kualitas tulisan kita
πŸ”– Dalam menulis (apalagi di media online) harus menjauhi hal-hal yang melanggar ITE
πŸ”– Menulis sesuai dengan spesialisasi, sesuai dengan kemampuan yang dimiliki
πŸ”– Menerapkan KISS, keep it short and simple, dalam menyusun kalimat, agar mudah dipahami pembaca
πŸ”– Mulailah mem-branding diri dengan sebuah keunikan yang akan menjadi identitas diri
πŸ”– Salah satu cara membuat branding diri adalah dengan menonjolkan kedalaman perspektif diri dalam artikel

Sharing Ilmu Menulis Artikel bersama Bang Adian Saputra
Sharing Ilmu Menulis Artikel bersama Bang Adian Saputra
Informasi berharga lain adalah tips dan trik agar tulisan kita mudah diterima dan dipublikasi oleh media cetak. Bang Adian mengatakan bahwa sebuah media cetak menyukai hal yang aktual. Maka, ketika hendak mengirimkan tulisan ke media cetak, kita harus memperhatikan kebersesuaian artikel yang kita tulis dengan headline di media tersebut. Artikel yang ditulis pun beragam, bisa berupa opini, esai, dan atau resensi buku atau film. Yang pasti, kita harus menyesuaikan dengan kemampuan pengetahuan kita.

Selain dihadiri oleh Ibu Izzah Annisa (komik bestseller 10 Pahlawan Islam), Bang Yoga Pratama (novel Begal Cinta), dan Ibu Fitri Restiana (buku cerita anak Cerdas Mengelola Waktu) yang aktif dalam dunia kepenulisan, hadir pula Bapak Ikhsanuddin perwakilan Aura Publishing, juga perwakilan master blogger lampung, infoBDL.net, bloggerlampung.com, dan spesialtips.com.

Saya pribadi merasa senang dengan adanya kegiatan seperti ini. Terima kasih untuk pemateri kece, peserta yang sudah hadir, teman-teman di Tapis Blogger, juga terima kasih banyak pada Gramedia yang telah memberikan ruang sehingga kegiatan ini bisa berlangsung.  [kesumariyanti]

6 comments:

  1. Alhamdulillah ya ramai, terima kasih ya Bu Kesuma atas kerjasamanya. Semoga ilmu yang didapat..

    ReplyDelete
  2. Pertamax...
    Wah udah di tulis,
    saya belum sempet nulis nih :)

    ReplyDelete
  3. Mantap banget laporannya, Say. Seneng banget ketemu dirimu yang anggun, juga temen2 Tapis Blogger. Tambah ilmu, tambah pengalaman, tambah teman. Seru, deh! Sukses buat semuanya, ya :)

    ReplyDelete
  4. Sepertinya seru banget. Sayang gak bisa hadir.. moga ada acara seperti ini lagi. Heee

    ReplyDelete

Komentar yang baik adalah komentar yang menggunakan bahasa yang baik pula :)