Monday, February 18, 2013

Solat Malam dan Berpuasa

Solat malam dan berpuasa adalah salah satu bentuk dari kesabaran seseorang, selain sebagai suatu ibadah kepada Allah swt., menurut saya.

Katanya, hidup itu harus bersabar. Selain berusaha, kita juga harus tetap memohon kepada Allah swt. tentang apa yang menjadi hajat kita. Dan melakukan solat malam dan berpuasa adalah salah satunya.

Serius, ingat pesan ini selalu:
Jangan pernah malu menghadap Tuhan, bagaimana pun keadaan kita, karena Tuhan Yang Maha Tahu keadaan hambaNya, Tuhan Yang Maha Tahu apa yang ditampakkan dan disembunyikan dari seseorang, jadi kenapa harus merasa malu untuk menghadap dan meminta padaNya, sementara Tuhan telah menjajikan akan memberikan kepada siapa yang meminta kepadaNya? Mungkin dengan keadaan buruk yang sedang kita alami, adalah bagaimana Tuhan mengingatkan kita untuk mengingatNya. Dan salah satu cara mengingatNya memang dengan solat malam dan berpuasa, di luar solat lima waktu yang sudah menjadi suatu kewajiban dan harus dilakukan sebagai bentuk ketaatan.

Katanya, meski sulit, bukan berarti tidak bisa.

Solat malam dan berpuasa memang bukan perkara mudah untuk dilakukan, apalagi oleh orang yang terbiasa tidak tidur malam. Ya bagaimana mau mengerjakan solat malam, kalau tidur saja tidak? Sementara solat malam dilakukan di sepertiga malam, setelah bangun dari lelap. Ya bagaimana mau berpuasa, kalau ketika saatnya sahur tiba, saya malah baru akan tidur karena asik begadangan, bahkan sampai meninggalkan solat Subuh, biasanya.

Kalau kata Bapak saya, 'ya gimana mau solat malam dan berpuasa, solat yang jadi kewajiban saja sering diabaikan!' Bapak satu ini memang suka cerewet untuk urusan agama, tapi ya begitulah seharusnya orang tua.

Tapi memang sulit, bukan berarti tidak bisa. Paling tidak, dengan niat saya mengurangi porsi begadang sedikit demi sedikit, bisa mendisiplinkan waktu tidur saya dan bangun di tengah malam. Meski bangun hanya untuk pergi ke kamar kecil... hehehe. Mudah-mudahan ssedikit demi sedikit selalu ada perubahan ke arah yang lebih baik.


Ayok, sama-sama belajar untuk solat malam dan berpuasa :)

No comments:

Post a Comment

Komentar yang baik adalah komentar yang menggunakan bahasa yang baik pula :)